Sempat Tidak Punya Biaya hingga Jadi Wisudawan Terbaik Friday, 26 April 2024 08:43

UNAIR NEWS – Wisuda UNAIR Periode 241 menjadi momen membahagiakan bagi Ardhana Christian Noventri. Pasalnya, ia berhasil menjadi wisudawan terbaik jenjang S2 Fakultas Hukum dengan perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,95.

Ventri bercerita, studi jenjang S2 yang telah ia selesaikan merupakan hadiah dari orang tua dan kakaknya. Karena Ventri berhasil menjadi wisudawan berprestasi saat lulus S1 tahun 2022.

“Rencana semula saya ingin full time bekerja dahulu sembari mengumpulkan biaya untuk studi lanjut, tetapi karena ada hadiah berupa biaya studi lanjut maka saya gunakan sebaik-baiknya,” tutur Ventri.

Ventri mengatakan, kesempatan untuk mengenyam pendidikan adalah hal yang sangat berharga. Keluarga Ventri saat itu tidak punya biaya untuk membiayainya menempuh pendidikan.

“Saya pernah merasakan putus sekolah karena dulu keluarga kami mengalami keterbatasan biaya. Di masa itu saya bilang ke Tuhan, kalau saya bisa kembali bersekolah maka saya janji akan bersekolah dengan sungguh-sungguh,” tutur Ventri.

 

Semangat Ventri dalam Menempuh S2

Semangat dan tekad besar Ventri sempat mendapat ujian oleh berbagai tantangan. Ia menerangkan, manajemen waktu saat menempuh jenjang S2 adalah hal yang sangat penting. Sebab, ia harus bekerja dan berkuliah pada saat yang bersamaan.

“Manajemen waktu, bekerja dan bersekolah di saat yang bersamaan bukanlah hal yang mudah. Terkadang saya juga lalai mengatur waktu dengan baik, hingga pernah ada waktu saya mengerjakan take home UAS hingga pukul 03.00 dini hari lalu harus berangkat ke kantor pukul 06.00 pagi,” terang Ventri.

Namun Ventri menerangkan, kesalahan harus bisa dijadikan sebagai bagian dari pembelajaran, sesulit apapun rintangan pasti bisa dilalui jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Pada akhir, ia berpesan kepada seluruh mahasiswa yang sedang berjuang untuk menyelesaikan untuk melakukan yang terbaik. Hal itu dikarenakan, jika manusia sudah melakukan yang terbaik maka Tuhan akan mengerjakan bagian yang manusia tidak bisa.

“Lakukan terbaik yang kita bisa, maka Tuhan akan mengerjakan bagian yang kita tidak bisa. Segala sesuatu yang Tuhan ijinkan untuk kita mulai, pasti akan selesai tepat menurut waktu-Nya Tuhan,” pungkas Ventri.

 

Penulis: M. Rizal Abdul Aziz

Editor: Khefti Al Mawalia

Sumber : unair.ac.id/sempat-tidak-punya-biaya-hingga-jadi-wisudawan-terbaik

 

 

Tags :